Tuesday 17 April 2012

6 Syarat Agar Mendapat Ilmu yang Bermanfaat

Pada kesempatan kali ini saya akan posting tentang bagaimana cara mendapatkan ilmu yang bermanfaat??? Di dalam kitab Ta'lim wal Muta'allim karangan Syaikh Al-Zarnuji terdapat sebuah syair yang menjelaskan tentang 6 cara dalam meraih ilmu yang bermanfaat :
ألا لاتنال العلم إلا بستة  * سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء و حرص و اصطبار و بلغة * و إرشاد أستاذ و طول زمان

"Ketahuilah oleh-mu, kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 syarat, yang akan aku jelaskan kepada-mu dari keseluruhannya dengan penjelasan: 1. Cerdas, 2. Gemar, 3. Sabar, 4. Uang, 5. Mengikuti Petunjuk Guru, 6. Waktunya Lama"

Syarat yang pertama "Cerdas"
Bagaimana cara agar kita cerdas??? yang pasti kita harus banyak membaca, menghafal, & memahami. Karena dengan banyak membaca, menghafal, & memahami otak kita akan terasah sehingga akan menjadi tajam seperti pisau yang diasah.
Syarat yang ke-dua "Gemar"
Apa sih yang dimaksud dengan gemar itu??? gemar ialah menyukai, kalau-lah kita menyukai ilmu yang akan kita pelajari, insya Allah ilmu itu akan mudah dipelajari dan mudah pula nempel di otak. Hehehe.. udah kaya perangko aja nempel.
Syarat yang ke-tiga "Sabar"
Dalam menuntut ilmu diperlukan kesabaran yang tinggi, di karenakan membutuhkan proses yang lama untuk mendapatkannya, nggak kaya sulap bim salabim adakadabra langsung pinter. Allah juga akan selalu bersama kepada orang yang sabar.
Syarat yang ke-empat "Uang"
Dalam menuntut ilmu juga sangat memerlukan uang untuk membeli alat-alat tulis seperti: buku, pensil, penghapus, pulpen dll. kalau-lah tidak punya alat tulis, apa yang ingin digunakan untuk belajar dalam membaca & menulis???
Syarat yang ke-lima "Mengikuti Petunjuk Guru"
Mengikuti petunjuk guru merupakan hal yang sangat harus diikuti oleh si penuntut ilmu untuk mendapatkan barokah ilmu dari guru. Seperti halnya Nabi Musa As. yang belajar kepada Nabi Khidir As. 
Syarat yang ke-enam "Waktunya Lama"
Butuh waktu yang lama untuk mendapatkan ilmu.
Dari ke-enam syarat di atas tadi, kalaulah semuanya terpenuhi insya Allah kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin ya robbal 'alamiin...

 

4 comments:

  1. Syukron atas infonya, salam kenal dari: kkpi-smkpertiwi-bogor.blogspot.com

    wassalam

    ReplyDelete
  2. Salam ukhuwwah dari Salam Semangatku
    kunjungi juga di blog kami:
    http://salamsemangatku.blogspot.com

    ReplyDelete